Home | About | Blog

New Born Baby's Articles

Memilih Alat Gendong Yang Tepat

Posted by in Friday, June 19th 2009

Setelah si kecil sudah mulai besar yaitu sekitar 2-4 bulan, Anda sudah bisa mencari alat gendong sebagai alat Bantu. Dengan alat gendongan, si kecil bisa tetap berada di dekapan sementara tangan Anda tetap bebas melakukan berbagai aktivitas seperti masak, menyapu dan lainnya. Alat bantu juga akan meringankan beban Anda saat tengah bepergian dengan membawa si kecil.

Saat ini dipasaran sudah banyak terdapat alat gendong dengan berbagai model, masing-masing model tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk mendapatkan alat gendong yang sesuai, kenali dan pilihlah alat gendong yang Anda perlukan :

 

  1. Gendongan Depan

· Gendongan ini paling pas untuk bayi berusia 2-4 bulan, tapi pilihlah yang bentuknya mirip selendang (sling). Model ini memudahkan si kecil untuk tidur dan saat menyusui.

· Untuk bayi berusia 4-5 bulan yang sudah mampu menyangga kepalanya, Anda bisa memilih yang bentuknya mirip ransel karena kakinya akan menggantung sehingga ia bisa tetap bebas bergerak

· Pada beberapa model ada yang dilengkapi dengan penyangga kepala, sehingga kepala bayi akan tertahan saat ia tertidur.

· Pada bayi baru lahir, taruhlah bayi dengan wajah berhadapan dengan Anda. Sedangkan bayi yang sudah mulai besar, Anda bisa menaruhnya membelakangi Anda sehingga pandangannya luas.

 

Menggendong Bayi

Posted by in Friday, June 19th 2009

Kontak fisik antara ibu dan bayinya saat menggendong dan memeluk, menurut sebuah penelitian mampu meningkatkan perkembangan emosi dan kecerdasan si kecil dengan lebih optimal. Anak-anak yang terbiasa mendapatkan sentuhan, belaian dan pelukan kasih akan merasakan kebahagiaan. Sebab sentuhan tersebut secara langsung membuatnya merasa nyaman dan aman, sehingga ia mampu tumbuh penuh percaya diri.

Cara Tepat Menggendong Bayi

Menggendong adalah salah satu cara memberikan kehangatan dan kasih sayang pada si kecil, setelah selama sembilan bulan lamanya ia merasakan kehangatan di dalam kandungan ibunya. Namun untuk melakukannya pertama kali, memang tidak bisa dibilang mudah. Nah, agar Anda yakin dan percaya diri untuk menggendong si kecil, ikuti beberapa petunjuk ini :

How To Swaddle

Posted by in Tuesday, June 16th 2009

How to Swaddle

Step 1:Spread blanket and place your baby in the middle, up high, with his head touching the top edge.

 Step 2:
Pull the left side of the blanket snugly in a diagonal direction across your baby’s body. Make sure his right arm is wrapped close to his body. Securely tuck the blanket under his bottom.

Kontroversi Bedong

Posted by in Tuesday, June 16th 2009

Tradisi membedong bayi yang baru lahir memang sudah berlangsung sejak lama. Bukan orang Indonesia saja yang biasa membedong bayinya, tapi juga banyak digunakan diseluruh masyarakat asia bahkan dunia. Bedong atau swaddling sebenarnya dilakukan untuk membuat si kecil menjadi merasa nyaman dan aman, jadi tidak ada hubungannya dengan meluruskan kaki.

Logikanya, ketika dibedong bayi akan merasa seperti dipeluk atau diingatkan pada suasana di dalam rahim ibu. Perasaan aman ini akan membantu si kecil menjadi tidur lebih lelap dan mengurangi efek terkejut atau hynogogic startles, yaitu gerakan terkejut yang normal terjadi bahkan oleh orang dewasa sekalipun. Biasanya, di usia 1-2 bulan, efek ini akan berkurang dengan sendirinya.

Membungkus Bayi

Posted by in Tuesday, June 16th 2009

Di Indonesia, tradisi membungkus bayi atau bedong sangat umum dilakukan pada bayi yang baru lahir. Konon dari mitos yang berkembang, bedong ini dilakukan agar kaki si kecil tumbuh dengan lurus atau tidak bengkok. Kain bedong yang digunakan biasanya adalah kain flanel bersegi empat. Meski tidak sepenuhnya salah, namum membedong bayi sebenarnya tidak ada hubungan dengan kaki yang bengkok melainkan untuk kehangatan dan kenyamanan bayi.

Pada dasarnya, saat baru lahir kaki semua bayi akan terlihat tidak lurus bahkan hampir berbentuk huruf ‘O’. Kondisi ini merupakan hal yang normal dan terus begitu hingga ia berusia tiga tahun. Memasuki usia tiga tahun, kaki si kecil lambat laun akan terlihat seperti huruf ‘X’, sampai ia berusia 6 tahun. Barulah disaat ia berusia 6 tahun keatas kakinya mulai terlihat lurus.

Mengapa semua bayi yang baru lahir kakinya tampak sedikit bengkok atau menekuk ke dalam? Secara logis, kondisi tersebut terjadi karena hampir selama kurang lebih 40 minggu si bayi harus meringkuk di dalam rahim ibu yang ruangnya memang sangat terbatas. Setelah beberapa bulan lahir, lama kelamaan kaki si kecil akan kembali normal atau lurus.

Namun bila kaki si kecil mengalami kelainan, seperti panjang sebelah, besar sebelah, lutut tidak sama atau bengkok yang sangat jelas, jangan berpikir akan bisa dinormalkan dengan membedong, karena bedong tidak berpengaruh dengan kondisi kaki si kecil. Segeralah konsultasi dan periksakan ke dokter anak sehingga bisa segera ditangani sedini mungkin

Surviving The First Two Weeks

Posted by in Sunday, June 14th 2009

The first week with your new baby is all about getting to know each other. If you are breast feeding for the first time it will take at least a week for you and your baby to learn this new skill together. During this time your milk will ‘come in’ and a few days later the supply will settle to appropriate quantities to feed your baby. Remember, the more baby suckles at the breast the more your milk supply is stimulated. That is why giving formula feed at this time can interrupt breast feeding. It is also important to avoid giving your baby a bottle until breast feeding is very well established, as this too may interrupt breast feeding.

Your baby will be born with his or her own body clock still very much in operation!  Many babies will sleep peacefully through most of the day, waking only to feed, and be more lively and sometimes fretful and night. First of all, if this applies to your baby, remember you are not alone!  After the first week try to gently and consistently introduce a little routine into your baby’s life. For example, try bathing your baby an hour or so before you would like him/her to go to bed. Interact and talk to your baby while he/she is awake during the day. At bedtime, feed and change your baby with the lights low and keep your voice quiet. Snuggle your baby into a warm bed, and avoid getting into the habit of rocking him or her to sleep in your arms – this is a habit that you will only have to break later! At night, when baby wakes, continue to keep the lights low and feed and change your baby with minimum interaction. If this message is consistent it will help to teach your baby the difference between night and day.

Above all, be kind to yourself. It takes time to get to know your baby and to learn his/her cues. Seek peer support from other new mums. Many areas run postnatal groups – your midwife or health visitor will be able to tell you about these. Never refuse offers of help from family and friends, and remember that at the end of the day household chores are often not absolutely essential and can wait. Concentrate on the important things – eating and drinking well, and getting adequate rest. Sleep when your baby sleeps. Finally, remember that your baby will not remain newborn forever – cherish this precious time … and catch up with the dusting in a month or two!

Kosmetika Bayi

Posted by in Sunday, June 14th 2009

Kosmetika yang digunakan untuk bayi pada umumnya tidak berwarna dan memiliki aroma yang lembut dan aman di kulit. Hal ini disebabkan kandungan yang terdapat di produk tersebut tergolong ringan dan sesuai untuk kulit bayi. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai apa saja kandungan yang terdapat dalam produk-produk bayi tersebut, dibawah ini penjelasannya :

Pada hari ke berapakah tali pusat si kecil Anda terlepas?

Posted by in Friday, June 12th 2009
  • a. Hari ke 10 (13 votes)
  • b. Hari ke 11 (2 votes)
  • c. Hari ke 12 (2 votes)
  • d. Setelah hari ke 12 (2 votes)

Memandikan Bayi

Posted by in Friday, June 12th 2009

Saat tali pusatnya sudah lepas dan lukanya sudah mengering, si kecil sudah bisa dimandikan. Tapi bagi sebagian orang tua, memandikan bayi adalah tantangan tersendiri. Tubuh bayi yang masih lemah dan tak berdaya kadang membuat orang tua merasa was-was di saat ingin memandikannya. Padahal bila Anda tahu tips dan triknya, kegiatan mandi dengan si kecil pasti menjadi hal yang paling menyenangkan.

Merawat Tali Pusat

Posted by in Thursday, June 11th 2009

Sebelum dilahirkan, tali pusat ini berfungsi sebagai saluran suplai makanan dari plasenta. Tali ini juga sekaligus sebagai penyalur sisa metabolisme dan eksresi janin. Setelah lahir tentu tali ini tidak diperlukan lagi, karena itu dipotong. Tapi biasanya dokter menyisakan sedikit bagian. Setelah sekitar 10-21 hari, tali pusat ini nantinya akan lepas dengan sendirinya. Nah, sebelum putus, bagian yang satu ini tetap harus mendapatkan perawatan khusus agar terhindar dari infeksi.