Home | About | Blog

Archive for " October, 2009 "

Melatih Balita Mandiri

Posted by in Thursday, October 22nd 2009

Sikap mandiri sudah dapat dibiasakan sejak anak masih kecil. Mulai dari memakai pakaian sendiri, menalikan sepatu atau bermacam pekerjaan-pekerjaan kecil sehari-hari lainnya. Kedengarannya mudah, namun dalam prakteknya pembiasaan ini seringkali banyak hambatannya. Tidak jarang orang tua merasa tidak tega atau justru tidak sabar melihat si kecil yang berusaha menalikan sepatunya selama beberapa menit, namun belum juga memperlihatkan hasilnya.

Memang masalah yang dihadapi anak sehari-hari dapat dengan mudah diatasi dengan adanya campur tangan orang tua. Namun cara ini tentunya tidak akan membantu anak untuk menjadi mandiri. Ia akan terbiasa tergantung kepada orang tua apabila menghadapi persoalan atau hal-hal yang kecil sekalipun.

Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan orang tua untuk melatih dan membiasakan balita menjadi mandiri :

Menjadi Sahabat Si Kecil

Posted by in Monday, October 12th 2009

Orang tua merupakan sosok yang paling dekat dengan anak, sehingga biasanya orang tua menjadi figur lekat sedekat sahabat bagi anak. Hubungan kelekatan berkembang melalui pengalaman bayi dengan pengasuhan di tahun-tahun awal kehidupannya.

 

Sebagian besar anak telah membentuk kelekatan dengan pengasuh utama pada usia sekitar delapan bulan dengan proporsi 50% pada ibu, 33% pada ayah dan sisanya pada orang lain. Kelekatan bukanlah ikatan yang terjadi secara alamiah. Ada serangkaian proses yang harus dilalui untuk membentuk kelekatan tersebut.

 

Seorang anak dikatakan lekat, jika memiliki cirri-ciri :

  • Mempunyai kelekatan fisik dengan seseorang (menempel, gendong)
  • Cemas bila berpisah dengan figur lekatnya
  • Menjadi gembira dan lega bila figur lekatrnya kembali
  • Berorientasi pada figur lekat walaupun tidak melakukan interaksi. Anak memperhatikan gerakan, suara dan sebisa mungkin menarik perhatian figur lekatnya.