Home | About | Blog

Kosmetika Bayi

Posted by in Sunday, June 14th 2009
Tags: , , ,

Kosmetika yang digunakan untuk bayi pada umumnya tidak berwarna dan memiliki aroma yang lembut dan aman di kulit. Hal ini disebabkan kandungan yang terdapat di produk tersebut tergolong ringan dan sesuai untuk kulit bayi. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai apa saja kandungan yang terdapat dalam produk-produk bayi tersebut, dibawah ini penjelasannya :

1. Sabun mandi

Disaat mandi, sabun berfungsi untuk membersihkan kulit dari kuman dan kotoran yang melekat. Sabun membantu menjaga kebersihan kulit bayi dan melenyapkan keringat, sehingga terhindari dari penyakit kulit seperti biang keringat atau ruam. Sabun mandi bayi banyak mengandung lemak, umumnya tidak berwarna dan lunak karena hanya sedikit mengandung alkalin (zat kimia yang bersifat basa dan berfungsi menetralkan tingkat keasaman kulit) serta mengandung pH (kadar keasaman) yang sama dengan pH kulit (5-7) sehingga tidak membuat kulit bayi kering dan bersisik.

2. Shampo

Meskipun masih belum terlalu banyak memiliki rambut, namun bersihkanlah rambut si kecil dengan menggunakan shampo bayi secara teratur. Sebab shampo akan membantu membersihkan lapisan luar sel kulit yang sudah mati dan terkelupas. Sel kulit ini nantinya akan digantikan oleh sel kulit baru yang terdapat di bagian dalam kulit kepala. Shampo merupakan cairan pencuci rambut yang mengandung bahan aktif deterjen buatan yang kandungannya kurang lebih 35 %. Sedangkan 60% sisanya terdiri dari air dan 5% lagi berupa bahan lain, misalnya alkohol dan pengental. Jumlah deterjennya yang sedikit membuat shampo bayi menjadi ringan dan tidak akan terasa pedih di mata si kecil.

3. Minyak telon

Berfungsi untuk menghangatkan bayi setelah membersihkan badan ataupun mandi.

4. Minyak bayi (baby oil)

Minyak ini berfungsi untuk melembabkan, membersihkan dan melembutkan kulit tubuh dan kepala bayi. Terbuat dari minyak tumbuh-tumbuhanĀ  dan minyak mineral seperti minyak jojoba, bunga canola dan lainnya.

5. Lotion

Walau bukan suatu keharusan tapi pemakaian lotion adalah untuk menjaga dan mempertahankan kelembapan kulit bayi.

6. Krim bayi (baby cream)

Penggunaan krim juga bukan suatu keharusan, sebab fungsinya pun untuk menjaga kelembapan kulit sehingga tidak mudah kering dan pecah-pecah. Krim ini terbuat dari minyak dan air, namun kadar minyaknya lebih tinggi. Biasanya krim digunakan untuk melindungi bagian lipatan paha agar tidak terjadi iritasi kulit (ruam) akibat pemakaian popok.

Comments are closed.