Home | About | Blog

Menggendong Bayi

Posted by in Friday, June 19th 2009
Tags:

Kontak fisik antara ibu dan bayinya saat menggendong dan memeluk, menurut sebuah penelitian mampu meningkatkan perkembangan emosi dan kecerdasan si kecil dengan lebih optimal. Anak-anak yang terbiasa mendapatkan sentuhan, belaian dan pelukan kasih akan merasakan kebahagiaan. Sebab sentuhan tersebut secara langsung membuatnya merasa nyaman dan aman, sehingga ia mampu tumbuh penuh percaya diri.

Cara Tepat Menggendong Bayi

Menggendong adalah salah satu cara memberikan kehangatan dan kasih sayang pada si kecil, setelah selama sembilan bulan lamanya ia merasakan kehangatan di dalam kandungan ibunya. Namun untuk melakukannya pertama kali, memang tidak bisa dibilang mudah. Nah, agar Anda yakin dan percaya diri untuk menggendong si kecil, ikuti beberapa petunjuk ini :

1. Bila si kecil tengah terlentang ditempat tidur, sisipkan salah satu telapak tangan (tangan kiri misalnya) di punggung dan bokongnya. Kemudian sisipkan telapak tangan kanan Anda ke belakang leher dan kepalanya.

2. Angkat si kecil secara perlahan. Seluruh tubuhnya tersangga dengan baik dan kepalanya tidak akan berputar karena sudah disangga oleh tangan kanan Anda.

3. Dengan hati-hati, pindahkan kepalanya ke bagian dalam siku atau bagian dalam lengan Anda. Dalam keadaan ini, bayi merasa nyaman karena kepala, leher dan seluruh tubuhnya tersangga dengan baik.

4. Untuk memeluk bayi dan menyandarkannya ke bahu Anda, sangga leher dan kepalanya dengan tangan yang lebih bebas (tidak menyangga leher dan kepala), lalu pindahkan posisi bayi menyandar ke bahu. Sangga berat badannya dengan cara meletakkan telapak tangan di bokongnya. Jaga kepala dan lehernya yang masih lemah dengan telapak tangan yang lain.

Menurunkan si kecil :

1. Tahan bagian leher dan kepala dengan telapak tangan. Sementara, tangan yang lain menahan bokong si kecil. Kemudian letakkan perlahan-lahan bagian bokokng si kecil lebih dahulu di tempat tidur dan tangan yang lain tetap menahan leher dan kepalanya.

2. Kemudian lepaskan tangan Anda yang menahan bokong bayi dan gunakan untuk menahan bagian ujung kepalanya. Sambil meletakkan kepala si kecil hati-hati ditempat tidur, tariklah perlahan-lahan tangan Anda yang semula menahan leher dan kepalanya. Sementara, tangan lainnya memegan bagian ujung kepala.

Walaupun agak canggung untuk pertama kali, namun naluri ayah dan ibu akan membuat kegiatan tersebut semakin mudah dilakukan dan akhirnya menggendong si kecil menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Comments are closed.