Home | About | Blog

Sekitar Alat Genital

Posted by in Saturday, June 27th 2009
Tags:

Alat genital bayi akan tampak relatif besar dan bengkak sesaat sesudah lahir. Ini disebabkan faktor hormonal dari ibu dan juga dari si kecil akibat proses kelahiran, dan juga proses normal perkembangan alat genital sendiri.

Pada bayi perempuan, bagian luar alat kelamin akan membengkak dan menonjol, kulitnya begitu tipis. Ada jaringan warna merah jambu yang menonjol di antara kedua bibir kemaluan, itulah selaput dara yang akan masuk ke dalam seiring perkembangan kelamin. Bayi perempuan juga sering keputihan atau bahkan ‘menstruasi’, disebabkan hormon estrogen dari ibu yang perlahan akan hilang. Waspadai bila pembengkakan di daerah selangkangan tak juga hilang, mungkin bayi ibu memiliki hernia.

Pada bayi laki-laki, skrotum (zakar) dapat terlihat membesar terutama saat ia dalam posisi berdiri atau menangis. Pembesaran ini terjadi karena terkumpulnya cairan di area zakar yang akan hilang sendiri setelah usia 3-6 bulan. Waspadai bila pembengkakan ini tak juga hilang setelah usia tersebut, apalagi pembesaran bersifat hilang timbul yang paling tampak saat ia menangis, karena ini menunjukkan suatu hernia.

Bila ibu meraba skrotum si kecil, didalamnya akan teraba dua buah testis (zakar). Tetapi ada bayi yang ternyata hanya memiliki satu atau bahkan tidak teraba testis sama sekali. Pada bulan-bulan pertama kehidupannya, pemeriksaan ini agak sulit karena skrotum yang membengkak dan adanya otot yang cenderung menarik testis ke atas. Jika ibu hanya meraba satu atau tidak ada testis sama sekali, konsultasikan ke dokter sedini mungkin untuk memastikan tidak terjadi kriptorkismus, yaitu testis tidak turun ke kantung testis. Keadaan ini memerlukan pengobatan atau operasi penurunan testis.

Perawatan penis pada bayi laki-laki tak terlalu rumit. Cukup mencuci kemaluan si kecil dengan sabun dan air hangat saat mandi. Semakin besar bayi, semakin mudah menarik kulup penis. Ibu bisa membersihkan smegma (kulit mati berwarna keputihan di daerah kepala penis) dengan baby oil.

Comments are closed.