Home | About | Blog

Pola Tidur Bayi

Posted by in Thursday, July 09th 2009
Tags:

Bayi memiliki pola tidur yang berbeda dari orang dewasa. Bila orang dewasa bisa tidur pulas selama enam jam tanpa terbangun, bayi tidak demikian. Bayi lebih sering terbangun di tengah tidurnya. Selain itu, jika kita bisa bangun sebentar dan bisa melanjutkan tidur kembali, bayi tidaklah demikian. Anda tentu sering mengalaminya ketika Anda berpikir si kecil sudah tidur pulas, namun ternyata hanya dalam hitungan menit ia sudah terbangun kembali. Itu semua bisa terjadi karena bayi Anda belum benar-benar terlelap ketika Anda meletakkannya ke tempat tidur.

Karena itulah Dr. William Sears dalam bukunya, The Baby Book, menyarankan untuk menunggu hingga bayi benar-benar tidur sebelum memindahkannya ke tempat tidur. Satu tanda bahwa ia benar-benar sudah tidur pulas adalah lengan atau kakinya terkulai. Angkatlah lengan atau kakinya perlahan-lahan, jika terjatuh kembali dan bayi Anda tidak terbangun, itu tandanya ia sudah tidur pulas dan Anda sudah bisa meletakkannya di tempat tidur.

Proses mengantuknya bayi hingga akhirnya ia tertidur lelap itu sendiri dibedakan menjadi dua tahap. Pertama adalah tahap tidur tenang atau non-REM (Rapid Eye Movement), sedangkan tahap kedua adalah fase tidur aktif atau REM. Tahap tidur REM ditandai dengan pola pernapasan dan denyut jantung yang tidak teratur, serta tidak berkeringat. Kadang ia bisa saja tertidur sambil tersenyum, tertawa, atau bahkan mengigau, dengan kaki tangan yang juga kadang bergerak-gerak. Tapi meski begitu, ia akan tetap tidur lelap dan sulit dibangunkan.

Pola tidur REM itu sendiri ternyata sudah dialami bayi sejak ia berusia 6-7 bulan di dalam kandungan, dan kemudian diteruskan sesudah ia lahir. Pada bayi yang lahir normal, tidur REM ini berlangsung sekitar 50 persen dari jumlah jam tidurnya. Sedangkan pada bayi prematur, angkanya adalah 80 persen. Setelah tahap tidur REM, bayi akan masuk ke tahap tidur non-REM, yaitu tidur nyenyak. Di tahap ini, si kecil berada dalam keadaan rileks dan detak jantung serta tarikan napasnya terdengar teratur.

Comments are closed.