Home | About | Blog

Pola Tidur Bayi Usia 3 – 6 Bulan

Posted by in Sunday, July 12th 2009

Bayi Anda semakin matang dari minggu ke minggu. Dan, pada saat usianya memasuki minggu ke 10 hingga ke 16, pola tidurnya mulai sedikit lebih teratur. Jika ia tidur dalam keadaan cukup kenyang, maka ia tidak akan sering terbangun pada tengah malam karena lapar. Karena itulah, akan sangat membantu bila Anda menyusuinya pada waktu yang sama dan membaringkannya ke tempat tidur ketika ia masih belum tidur.

Begitu si kecil memasuki usia 6 bulan, bayi umumnya tidur selama 11,5 hingga 15 jam per hari dan mulai bisa tidur dengan durasi lebih lama dari dua jam. Jika pada saat ini si kecil belum memiliki pola tidur yang sesuai dengan Anda dan anggota keluarga lainnya, inilah saat yang tepat untuk melatih si kecil mengikuti pola tidur Anda semua. Latihan seperti ini akan membantunya untuk tidur lebih mudah, tidur lebih lama pada malam hari dan lebih teratur jadwal tidurnya.

Jika saat ini si kecil tidur selama sembilan atau sepuluh jam pada malam hari, itu berarti ia sudah tahu bagaimana caranya untuk tidur kembali ketika terbangun pada malam hari. Tapi jika bayi Anda masih belum bisa tidur malam selama minimal lima atau enam jam, tak perlu khawatir. Pada usia ini, bayi umumnya memang masih sering terbangun tengah malam untuk disusui. Bahkan bisa saja ia terbangun dan menangis pada tengah malam meskipun ia tidak lapar.

Cara mengembangkan kebiasaan tidur pada si kecil :

Lanjutkan kebiasaan-kebiasaan sebelum tidur

Lanjutkan kebiasaan-kebiasaan sebelum tidur yang sudah Anda terapkan sebelumnya. Jika Anda belum melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut, mulailah sekarang. Ini akan membantu si kecil mengasosiasikan kebiasaan-kebiasaan itu dengan waktunya ia untuk tidur. Anda bisa mengajaknya bersiap-siap untuk tidur, membacakan dongeng ataupun bernyanyi untuknya. Tapi pastikan itu semua dilakukan dalam urutan yang sama dan pada waktu yang sama setiap malam.

Pastikan agar jadwal kegiatan si kecil selalu sama setiap hari

Tidak hanya waktu tidurnya, Anda pun harus mengatur agar kegiatan lainnya selalu dilakukan pada waktu yang kurang lebih sama. Jika ia tidur siang, makan, bermain dan bersiap-siap untuk tidur malam pada waktu yang sama, ia akan lebih mudah terlelap pada malam hari.

Ajarkan untuk terlelap tanpa harus ditimang-timang

Baringkan si kecil diatas tempat tidur meskipun ia belum terlalu mengantuk. Lalu tunggulah beberapa menit untuk mengetahui reaksinya. Jika ia menangis, terserah Anda apakah ingin membiarkannya menangis atau menggendongnya agar tenang.

Tidurkan ia lebih awal

Jika bayi Anda terbiasa tidur sesudah jam sembilan malam misalnya dan tiba-tiba mulai sering terbangun di tengah malam, tidurkan ia lebih awal sekitar setengah jam. Ini akan membantunya untuk tetap terlelap hingga esok pagi.

Ajari si kecil berbaring sendiri (bila ia sudah mulai belajar duduk dan berdiri)

Bayi-bayi yang mulai belajar duduk atau berdiri biasanya aamat senang mempraktekkan keterampilan barunya itu. Jika ini juga terjadi pada bayi Anda, ajarkan ia untuk mengubah posisi dari duduk atau berdiri ke posisi berbaring di tempat tidur. Misalnya lewat permainan, Anda mendudukkannya lalu membaringkannya dan mengajarinya untuk melakukannya tanpa bantuan Anda.

 

Comments are closed.