Home | About | Blog

Pola Tidur Bayi Usia 6 – 12 Bulan

Posted by in Sunday, July 12th 2009

Di saat ini, Anda tidak lagi terlalu direpotkan oleh kebiasaan tidur si kecil yang tidak teratur. Lanjutkan kebiasaan Anda menyusui pada jam yang sama setiap malam dan membaringkannya ke tempat tidur saat si kecil masih belum tidur. Di awal-awal ia biasanya akan menangis ketika Anda tidak lagi menimang-nimangnya. Tapi secara bertahap kebiasaan itu akan berhenti juga. Jika pada saat pertama Anda melakukan itu ia tetap saja menangis tanpa henti, lakukan saja lagi kebiasaan lama Anda untuk menidurkannya, dan kemudian mencobanya lagi keesokan hari sampai ia terbiasa.

 

Pada saat berusia 9 bulan, bayi umumnya tidur selama 11-14 jam pada malam hari,  dan tidur siang dua kali sehari selama satu atau dua jam. Jika bayi Anda masih belum bisa tidur sesuai jadwal tidur malam anggota keluarga lainnya, lanjutkan terus latihan yang Anda berikan untuknya. Bila ia sudah bisa tidur malam selama sembilan atau sepuluh jam tanpa terbangun, itu tandanya ia sudah memiliki pola tidur yang teratur.

 

Sama seperti periode sebelumnya, si kecil amat gemar mencoba keterampilan baru seperti merangkak, menarik-narik benda di dekatnya dan belajar untuk berjalan. Karena itulah, biasanya agak sulit untuk membuatnya terlelap pada malam hari. Dan jangan heran bila ia sering terbangun tengah malam dan bermain-main sendirian, namun menangis begitu ia tak bisa lagi tertidur meskipun mulai mengantuk.

 

Untuk mengatasi itu semua, lakukan terus kebiasaan-kebiasaan yang sudah diterapkan sejak periode sebelumnya. Dan sekaranglah saat yang tepat jika ingin mulai melatihnya untuk tidur sendiri di kamarnya. Namun tentu saja Anda sesekali harus tetap mengawasinya.

Comments are closed.