Home | About | Blog

Alfa Protein, Nutrisi Untuk Tidur Bayi

Posted by in Saturday, July 18th 2009
Tags:

Buat bayi tidur adalah ‘kegiatan’ yang sangat berharga. Tidur sebagai cara alamiah bayi untuk lebih mematangkan dan menguatkan fungsi organ-organ tubuhnya. Di tahun pertamanya, otak si kecil tumbuh tiga kali lipat dari keadaan saat lahir atau 80% dari otak orang dewasa. Agar potensinya terus berkembang baik fisik, psikis maupun kognitif tentu ia membutuhkan tidur yang cukup dan juga berkualitas.

Mungkin hal ini pula yang menyebabkan sejumlah penelitian dilakukan demi meningkatkan kualitas tidur bayi. Mulai dari penemuan diapers anti bocor, tempat tidur yang lebih nyaman, hingga kandungan gizi yang mesti dikonsumsi bayi. Terkait poin terakhir, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bayi yang mengkonsumsi ASI memiliki pola tidur yang lebih teratur dan bisa tidur pulas. Ternyata ASI mengandung Alfa Protein cukup tinggi yang berperan dalam mengatur pola tidur bayi dan membuatnya dapat tidur lelap.

Alfa Protein dikenal juga dengan istilah alfa laktalbumin, merupakan senyawa protein yang secara alami terdapat di dalam ASI. Kandungan nutrisi ini sekitar 27% dari total protein ASI. Ada dua jenis protein dalam ASI, yakni whey dan kasein. Alfa protein merupakan protein utama pada whey protein yaitu fraksi utama pada susu yang lebih halus dan lebih mudah dicerna. Berbeda dengan kasein protein, yang lebih padat dan sulit dicerna.

Penelitan terakhir membuktikan bahwa asupan alfa protein akan menaikkan kadar triptofan, yaitu asam amino esensial yang sangat baik bagi tumbuh kembang bayi. Asam amino ini dapat membantu produksi hormon serotonin serta memperbaiki neurobehavior, yaitu hubungan antara fungsi otak dengan perilaku dan proses berpikir manusia. Misalnya, pola tidur (kualitas tidur yang lebih baik), mood, nafsu makan dan kesadaran diri.

Sayangnya, asam amino ini tak dapat disintesis dalam tubuh dan harus diperoleh dari makanan. Karena itu, sampai bayi usia 6 bulan, seorang ibu dianjurkan memberi ASI sesuai permintaan bayi. Ini penting agar asupan alfa protein untuk si kecil terpenuhi. Selanjutnya, bila ia mulai mengenal makanan keluarga, perlahan beri makanan berprotein tinggi seperti daging, unggas, ikan dan telur. Makanan ini diyakini banyak mengandung nutrisi tritofan. Bila si kecil mesti mengkonsumsi susu formula, cermati apakah ada kandungan alfa protein di dalamnya.

Comments are closed.