Home | About | Blog

Manajemen Laktasi

Posted by in Saturday, August 01st 2009
Tags:

Jangan biarkan aktivitas sehari-hari menjadi penghalang Anda untuk memberikan ASI eksklusif bagi si kecil. Karena itu, aturlah segala hal yang berkaitan dengan aktivitas menyusui bayi Anda dengan baik. Berikut adalah tips yang bisa Anda terapkan dalam menyusui agar si kecil tetap mendapatkan ASI dalam jumlah yang cukup :

 

  • Belajar Memeras ASI

Ini akan sangat berguna ketika Anda harus beraktivitas di luar rumah. Dengan belajar memeras ASI, Anda tetap bisa memenuhi gizi si kecil dan ASI tidak terbuang sia-sia. Ada dua cara memeras ASI yaitu dengan menggunakan tangan atau dengan pompa.

 

  • Memeras ASI dengan tangan

Cuci tangan Anda dan siapkan mangkuk steril. Lalu, sangga payudara dengan satu tangan dan pijat seluruh bagian payudara termasuk bagian bawahnya, minimal sepuluh kali. Remas dan tekan dengan lembut kearah areola, dan peraslah susu lewat puting. ASI akan memancar keluar. Lanjutkan selama beberapa menit.

 

  • Memeras ASI dengan pompa

Ada yang manual, ada juga yang elektrik. Tapi cara kerjanya tak jauh berbeda. Tempelkan corong ke puting, lalu pompalah ASI. Susu akan masuk ke botol yang sudah Anda lekatkan di pompa. Pastikan pompa berada dalam keadaan steril sebelum Anda gunakan.

 

Memeras ASI bisa dipelajari meski tidak seefisien isapan bayi saat menyusu. Jadi jangan pernah berhenti mencoba meski air susu yang keluar awalnya tak sebanyak yang Anda harapkan. Agar Anda bisa memeras ASI dengan baik, tempelkanlah lap hangat ke payudara selama sekitar 10 menit sebelum mulai memeras. Pijat juga payudara dengan arah ke bawah, kea rah luar putting saat memeras dan memompa payudara.

 

Selain itu, cobalah untuk memeras ASI di antara dua waktu menyusui dan di pagi hari jika memang memungkinkan. Jika memeras sebelum menyusui, sisa susu yang ada tidak akan membuat bayi kenyang ketika ia menyusu langsung dari payudara Anda. Sedangkan memeras sesudah menyusui membuat ASI keluar tak terlalu banyak. Untuk itu, siasatilah dengan cara menyusui dengan satu payudara dan memeras ASI dari payudara yang lainnya.

Comments are closed.