Home | About | Blog

Hore, Gigi Si Kecil Tumbuh

Posted by in Thursday, August 13th 2009
Tags: ,

Masa pertumbuhan gigi seorang anak berbeda-beda, ada anak yang belum mencapai usia setahun sudah tumbuh gigi. Tapi ada juga bayi yang belum tumbuh gigi saat usianya mencapai setahun. Pertumbuhan gigi seorang bayi sebenarnya sudah dimulai sejak bayi berada di dalam kandungan, yakni sejak janin berusia 4 minggu hingga ia dilahirkan.

 

Perlu diketahui, pertumbuhan gigi bermula dari dalam bukan saat giginya keluar. Sedangkan keluarnya gigi yang terjadi setelah lahir, lebih tepat disebut erupsi. Awalnya gigi tumbuh dari epitel tulang, yang disebut email. Dibawah mahkota gigi ada dentin dan benak gigi (pulpa) yang merupakan tempat syaraf dan pembuluh darah, paling bawah barulah akar gigi.

 

Pada dasarnya gigi ada dua macam, yaitu gigi susu dan gigi dewasa yang telah permanent. Gigi bayi yang baru akan tumbuh adalah gigi susu. Gigi ini keluar atau erupsi pertama kali umumnya pada usia 6-8 bulan, yaitu gigi seri tengah bagian bawah, lalu secara berurutan seri tengah atas, gigi seri lateral atas dan gigi seri lateral bawah, geraham susu pertama, gigi taring dan geraham susu kedua.

 

Tapi gigi-gigi tersebut tak erupsi sekaligus, melainkan satu persatu. Meski ada juga yang sepasang-sepasang. Anak usia 1 tahun biasanya memiliki 6-8 gigi susu tapi kadang ada juga yang hanya 2 gigi walaupun tanpa disertai keluhan pertumbuhan. Dan akan menjadi lengkap berjumlah 20 gigi susu ( 4 gigi seri atas bawah, 2 gigi taring kanan kiri di atas bawah, dan 4 geraham kiri kanan di atas bawah) pada usia 18 bulan atau 2 tahun.

Comments are closed.