Home | About | Blog

Mengenal Bahasa Bayi

Posted by in Monday, August 24th 2009
Tags:

Bayi dari ras, suku atau negara manapun pada usia 3-4 bulan ternyata memiliki bahasa bayi yang sama di seluruh dunia. Penelitian tentang adanya bahasa bayi ini pernah dilakukan oleh Priscilla Dunstan. Dia meneliti aneka celoteh bayi itu dengan merekam suara dari 1000 bayi. Hasilnya, ternyata ada lima kata yang dikenal oleh bahasa bayi untuk berkomunikasi dengan orang dewasa, yaitu :

  1. NEH (Lapar)

Kata ini agak-agak mirip dengan “Heh” dan “Eh”. Orang tua harus lebih serius mendengarnya. Ini adalah sinyal lapar. Saat bayi mengucapkan kata ini dan orang tua tidak meresponnya, maka bayi akan menangis keras-keras. 

  1. OWH (Mengantuk)

Kata ini lebi mudah didengar dan dimengerti karena saat bayi mengucapkannya dia selalu mulutnya berbentuk bundar atau O. Ini adalah tanda bahwa bayi sedang mengantuk

 

  1. HEH (Tak nyaman)

Bayi mengucapkan kata ini memiliki mimik yang berbeda dengan ucapan “Neh”. Ini tanda bahwa dia sedang dalam posisi tidak nyaman. Jadi orang tua harus buru-buru membuatnya nyaman, bila tidak si bayi akan menangis. 

  1. EIR (Suara gas dari bagian bawah)

Suaranya terdengar mirip dengan orang yang menggumam atau “grrrrhhh”. Bila bayi mengucapkan ini segeralah memperbaiki posisinya. 

  1. EH (Bersendawa)

Ucapan ini biasanya terdengar bila dia selesai minum ASI atau perutnya sedang kosong. Semacam sinyal bahwa bayi masuk angin.

Comments are closed.